Pages

Friday, May 4, 2012

Diet detoksifikasi

Diet detoksifikasi cukup populer akhir-akhir ini dikarenakan manfaatnya yang bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh kita dan juga menurunkan berat badan.

Racun adalah bahan kimia berbahaya yang mempengaruhi tubuh Anda. Mereka semua ada di sekitar Anda (dalam makanan Anda, air, udara) dan di dalam tubuh Anda. Tubuh Anda dapat secara alami menghilangkan sebagian besar racun dan sisanya disimpan dalam lemak tubuh.

Racun yang ada di dalam tubuh Anda, dikombinasikan dengan stres, dapat mempengaruhi kesehatan Anda, contohnya adalah timbul masalah-masalah:
  • Berat badan 
  • Sakit kepala 
  • Cepat lelah 
  • Gangguan pencernaan 
  • Sakit otot 
  • Nyeri sendi 
  • Masalah kulit 

Gangguan kesehatan di atas dapat berkurang dan menghilang dengan diet detoksifikasi. Dalam proses detoks ini, Anda mungkin akan merasa tidak nyaman pada hari-hari pertama, tapi itu adalah reaksi tubuh normal. Jika Anda merasa sakit kepala atau nyeri otot, hal itu karena racun dilepaskan dari tubuh kita. Gejala ini tidak akan terjadi lagi jika Anda melakukan detoksifikasi secara teratur.

Manfaat diet detoksifikasi adalah untuk:
  1. Menurunkan berat badan. Hal ini bisa dilakukan karena diet detoks mengubah pola makan menjadi lebih sehat, sehingga Anda bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme, dengan hasil akhirnya adalah penurunan berat badan.
  2. Pencegahan penyakit. Diet detoks direkomendasikan untuk meningkatkan ketahanan tubuh terhadap penyakit, kondisi mental, pencernaan, serta memperkuat organ-organ yang berfungsi untuk melakukan detoksifikasi. Diet detoks dapat membantu mencegah penyakit serius seperti kanker, sindrom kelelahan kronis, serta mengobati penyakit jantung, fibromyalgia, penyakit autoimun. 

Dalam diet detoks, direkomendasikan mengkonsumsi makanan yang bermanfaat untuk kesehatan dan penurunan berat badan, seperti makanan organik, buah-buahan, dan sayuran. Anda juga perlu untuk meminum banyak air putih, mengurangi makanan olahan, serta tidak mengkonsumsi alkohol dan rokok.


Jenis-jenis diet detoks yang umum dilakukan adalah:
  1. Detoks puasa - yaitu hanya minum air, jus, atau makan satu jenis makanan untuk jangka waktu tertentu. Dengan detoks seperti ini, tubuh Anda akan mulai membakar lemak untuk energi.
  2. Detoks dengan menggunakan suplemen gizi
  3. Hidroterapi - yaitu detoks melalui pori-pori kulit dengan cara mandi khusus
  4. Diet detoks khusus - untuk penyakit-penyakit tertentu, bisa dilakukan antara 7 sampai 30 hari
Sebelum menjalankan diet detoksifikasi seperti tercantum di atas, ada baiknya ada mencari tahu dulu mana yang cocok untuk Anda lakukan atau berkonsultasi dengan dokter. Karena diet detoksifikasi yang baik adalah yang tidak membuat kita kekurangan nutrisi. 

No comments:

Post a Comment